Selamat datang di Obat Kuat Cara Alami

Varikokel pada pria

0 comments

Varikokel- Varises ini bisa terjadi di sembarang tempat dan bisa terjadi pada pria maupun wanita. Misalnya bisa timbul di betis, dubur, kerongkongan dan daerah kemaluan. Tergantung lokasinya, varises mempunyai istilah sendiri-sendiri. Varikokel adalah penyakit varises yang terjadi di daerah sekitar buah pelir. Biasanya ia ditemukan secara tidak sengaja. Varikokel akan mengganggu fungsi testis (buah pelir) sebagai pabrik sperma, baik dari segi jumlah, maupun dari segi kualitas produksinya, sehingga varikokel sering diikuti gangguan fertilitas (kesuburan). Menurut seorang ahli, motilitas spermatozoa yang kurang itu dapat ditemukan pada 90% pria dengan varikokel, walaupun hormone kelamin-nya normal. bagaimana obat dan pencegahannya?


Faktor Penyebab Varikokel
  1. Faktor genetic (keturunan)
    Varikokel- atau jenis varises yang lain-yang terdapat pada orang tua cenderung menurun kepada anak, karena sejak lahir anak-anak ini mewarisi pembuluh darah yang mudah melebar.
    Ada contoh menarik: yaitu orang tua dengan hemoroid (istilah varises di daerah dubur, ambient/wasir), ternyata anaknya menderita varises hebat di betis dan organ reproduksi-nya. Jadi tidak harus sama-sama varikokel.
  2. Makanan
    Beberapa makanan yang di-oksidasi tinggi dapat merusak pembuluh darah. Contohnya makanan yang diolah dengan cara dibakar.
  3. Suhu
    Idealnya, suhu testis adalah 1-2 derajat di bawah suhu tubuh. Suhu yang tinggi di-daerah testis dapat memicu pelebaran pembuluh darah balik di-daerah tersebut. Awalnya, suhu tinggi ini akan menurunkan kualitas sperma, dan pada tingkat lebih lanjut akan mengganggu fungsi testis dalam menghasilkan sperma.
    Kelompok yang be-risiko tinggi terkena varikokel adalah pekerja di pertambangan. Juru masak profesional, dan mereka yang bekerja di-daerah yang memiliki tingkat radiasi tinggi. Hal ini dikarenakan organ reproduksi-nya cenderung berada pada kondisi dengan suhu di-atas rata-rata dalam waktu yang lama.
  4. Tekanan tinggi di sekitar perut
    Tekanan yang tinggi di-sekitar perut akan menghambat aliran darah balik, terutama daerah perut sehingga menyebabkan pembuluh darah di-sekitar testis melebar. Contohnya pada buruh kasar, penyanyi/qori yang teknik pernafasannya tidak benar dan juga orang duduk terlalu lama.
    Namun kecenderungan ini tidak bisa disamaratakan pada semua pria. Sebagai contoh seorang kuli  pasar bisa bebas dari varikokel bahkan mempunyai anak lima, sedangkan pria yang selalu menjaga kesehatannya, justru mengidap varikokel grade 4.

Klasifikasi - gejala Varikokel
Berdasarkan berat dan ringan-nya, varikokel dibedakan beberapa tingkatan, yaitu:
  1. Varikokel grade 1
    Pada tahap ini  umumnya tidak ada gejala atau tanda yang bisa terlihat dengan jelas, kecuali  melalui pemeriksaan dokter. Biasanya tidak ada keluhan yang berkaitan dengan kesuburan.
  2. Varikokel grade2
    Secara umum varikokel grade 2 belum bisa terlihat tanpa pemeriksaan dokter. tebalnya scrotum (kantong testis) juga kerap menjadi faktor penghambat. Bila diraba dengan cermat sebenarnya akan teraba vena yang menonjol dan berkelok-kelok. Beberapa orang mengira sebagai urat yang lazim terdapat pada testis. Pada tahap ini bisa terjadi gangguan fertilitas pada sebagian orang.
  3. Varikokel grade3 dan 4
    Bisa terlihat dengan mudah saat pria penderita berdiri. Pada kantong buah pelirnya terlihat ada sesuatu yang bengkak yang bila diraba akan tersa seperti ada gulungan urat yang tidak teratur. Keluhan yang biasanya terjadi yaitu rasa pegal, sakit/nyeri di-sekitar organ reproduksi-nya.

Operasi Varikokel
Varikokel pada dasarnya tidak mengganggu  kemampuan seksual seorang pria. Jadi, meski-pun seseorang sudah divonis menderita varikokel grade 4, tetap bisa menjalankan fungsinya sebagai seorang laki-laki dengan baik. Hanya saja kualitas sperma yang dihasilkan  menjadi kurang baik.
Oleh karena itu besar kecilnya varikokel semata bukan indikasi operasi. Adanya varikokel  yang disertai motilitas spermatozoa yang kurang.hampir selalu dianjurkan untuk operasi. Kira-kira dua pertiga  pria dengan  varikokel  yang di operasi akan mengalami perbaikan dalam motolitas spermatozoa.
Dengan demikian , seorang laki-laki yang mengidap varikokel grade 4 namun sudah dikaruniai anak, tidak akan dipaksa untuk menjalani operasi. Operasi varikokel  dinamakan varikokelektomi, yaitu membuat sayatan kecil pada perut bagian bawah. Selanjutnya pembuluh darah yang melebar tersebut akan ditarik dan dikumpulkan di suatu tempat yang aman kemudian dikunci dengan alat khusus. Diharapkan suhu didaerah testis akan kembali normal dan menghasilkan sperma dalam jumlah dengan kualitas yang normal pula.

Tips Mencegah Varikokel
Kemampuan untuk menghasilkan anak merupakan salah satu penopang kepercayaan diri seorang laki-laki. Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat  dilakukan guna mencegah terjadinya varikokel yang mengganggu kesuburan pria:
  1. Hindari be-rendam dia air panas terlalu sering, karena air panas bisa memengaruhi  suhu di sekitar  testis hingga merangsang terjadinya pelebaran pembuluh darah.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan terutama sayur san buah yang kaya vitamin A,C,E dan zinc
  3. Sedapat mungkin menghindari paparan zat kimia, listrik dan radiasi terus menerus.
  4. Hindari celana jeans atau celana ketat.
Saya tulis kembali dari Majalah alwaadah, Edisi tahun ke-1 –January 2008, Semoga info penyakit, operasi, pencegahan dan penyebab varikokel ini dapat bermanfaat untuk anda.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : BuatBlogKangRoes
Copyright © 2011. obat kuat alami khusus pasutri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by KangRoes
Proudly powered by Blogger